niagahoster

Hosting Unlimited Indonesia

paidverts

PaidVerts

Sabtu, 11 April 2015

animasi flash

ini adalah cara membuat animasi sederhana dengan adobe flash dan ini adalah awal yang perlu anda ketahui agar dalam tutorial lain dapat mengerti lebih cepat.




pertama buat objek terlebih dahulu dengan rectangle tools dengan warna sesuaikan dengan keinginan anda. tampilannya akan seperti ini.


sekarang kita akan membuat animasinya terdiri dari 2 cara pertama menggunakan convert to symbol dan yang kedua tanpa menggunakan convert to symbol (masih bitmap, shape,dll yang wujud gambar).
pertama kita akan membuat tanpa menggunakan convert to symbol. klik frame yang ada di bawah, terserah di frame berapa. disini saya menggunakan frame ke 40.



lalu klik kanan, pilih insert key frame atau tekan F6 maka hasilnya akan seperti ini.


setelah tampilan seperti ini maka klik objek merah tersebut dan pindahkan kemana saja dan masih dalam background putih.


setelah dipindahkan maka hasilnya akan sama seperti gambar diatas, lalu pada frame yang memliki warna berbeda klik kanan - pilih create classic tween seperti gambar dibawah ini.


setelah diklik maka hasilnya akan seperi ini dan memiliki tanda panah pada framenya.


setelah berhasil maka bisa test play dapat di tekan dengan tombol play yang ada di bawah atau menekan tombol enter atau juga dengan menekan tombol ctrl + enter untuk play movie atau test.

dan cara yang kedua dengan menggunakan convert to symbol sama caranya seperti diatas dalam pembuatan animasinya. fungsi dari convert to symbol adalah agar kita tahu yang mana sebagai button, movie clip, dan grapich. ini adalah caranya klik kanan pada object pilih convert to symbol.


klik convert to symbol atau juga dapat tekan menggukan tombol F8 dan akan munuk window kecil seperti gambar di bawah.


lalu pada type pilih movie clip yang cocok untuk pembuatan animasi dan name dapat diisi sesuai keinginan anda lalu pilih ok maka tampilan di properties akan tampil seperti gambar di bawah ini.


lalu anda dapat membuat animasinya seperti cara diatas.


lihat hasilnya di sini untitled-swf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar